Penyebab Prostat Membengkak

Penyebab Prostat Membengkak – Prostat merupakan kelenjar eksorin pada sistem reproduksi yang mana berfungsi sebagai mengeluarkan dan menyimpan suatu cairan seperti air mani. Prostat membengkak merupakan suatu kondisi yang dapat menimbulkan rasa sakit pada setiap kali buang air kecil serta timbul ras nyeri pada saat ejakulasi. 

Prostat membengkak diakibatkan karena kurangnya asupan makanan yang bergizi, serta gaya hidup yang kurang sehat. Itu sebabnya perlu mengetahui Makanan  sehat untuk penderita kanker prostat serta tips gaya hidup sehat cegah kanker prostat. Prostat membengkak sering kali menyerang seseorang yamg sudah memasuki usia lanjut. 

Penyebab Prostat Membengkak

 

Pembesaran prostat disebabkan karen adanya tekanan pada kandung kemih secara berlebihan, sehingga terjadi penghambatan pada saluran air kencing secara normal. Berikut ini informasi mengenai penyebab prostat membengkak yang harus anda ketahui. 

Gejala Pembesaran Prostat / Prostat Membengkak

  • Urine yang keluar tersendat-sendat sehingga tidak mengalami keluar urine secara normal
  • Sering buang air kecil pada malam hari
  • Urine yang keluar bercampur dengan darah
  • Kesulitan untuk kencing
  • Kesulitan Tidur Pada Malam Hari
  • Rasa Tidak Nyaman Pada area perut 
  • Area Prostat Terasa Mengganjal
  • Kandung Kemih Terasa Penuh

Itulah beberapa gejala-gejala prostat membengkak yang sering muncul. Jika mengalami gejala tersebut secara terus menerus, maka segeralah melakukan pengobatan denganberkonsultasi kepada dokter.  

Penyebab Prostat Membengkak

  1. Usia
    Faktor usia merupakan salah satu penyebab prostat membengkak. Usia yang tak lagi muda akan mengalami perubahan hormon seksual yang dapat mempengaruhi kondisi prostat. Pembengkakan prostat rentan menyerang seseorang pada usia 60 tahun ke atas, pembesaran prostat akan muncul secara alami. 
  2. Kanker Prostat
    Kanker prostat merupakan penyebab utama yang dapat menimbulkan pembengkakan/pembesaran pada prostat. 
  3. Obesitas
    Memiliki kelebihan berat badan akan sangat berseriko sekali terkena penyakit kanker prostat. Kelebihan berat badan atau kegemukan menyebabkan lemak pada perut menumpuk sehingga hal itu menyebabkan pembengkakan prostat. 
  4. Menunda-nunda kencing
    Membiasakan menunda-nunda saat ingin kencing dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada area prostat. Karena dengan menunda-nunda kencing dapat menyebabkan dinding kandungan kemih mengalami tekanan yang dapat mengalami efek buruk sehingga dapat menjalar pada bagian prostat. 
  5. Malas untuk melakukan olahraga
    Olahraga merupakan suatu gerakan yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi, jika kita malas melakukan olahraga maka penyakit prostat yang saat ini diderita akan mengalami pembengkakan. Dan maka dari itu, melakukan olahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 
  6. Peradangan
    Pada saat mengalami kanker prostat terjadi iritasi atau luka yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitas yang dapat luka kemudian akan mengalami peradangan, Peradangan tersebut dapat memicu pembesaran atau pembengkakan prostat. Bila terjadi peradangan pada kelenjar prostat yang dapat menyebabkan pembengkakan prostat maka segeralah melakukan pemeriksaan atau pengobatan karena ditakutkan agan mengalami peradangan yang dapat membahayakan jaringan lainnya. 
  7. Faktor Genetik
    Seseorang yang memiliki riwayat keluara yang mempunyai penyakit pembengkakan prostat, maka keturunan berpotensi terserang penyakit tersebut. 

Dari informasi diatas, semoga anda mendapatkan wawasan lebih luas lagi tentang kanker prostat dan pembengkakan prostat. Nah, untuk itu kita harus selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya. Cukup sekian infromasi yang dapat kami sampaikan untuk anda,semoga bermanfaat yaa.. 

Baca juga : Cara mengobati Kanker Prostat secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *